Jumat, 17 Maret 2017

Hidayat: Pemikiran Hasyim Muzadi Dikagumi Masyarakat Dunia


PARLEMENTARIA.COM– Pemikiran almarhum KH Hasyim Muzadi soal Islam moderat dikagumi masyarakat dunia dan bahkan menjadi soft diplomasi yang sangat kuat dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif.
“Pemikiran almarhum diterima dunia internasional sebagai soft diplomasi. Masyarakat dunia kagum,” kata Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid saat kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Jumat (17/3).
Dikatakan, dirinya dekat dengan Hasyim Muzadi semasa hidup. Dalam pandangan dia, almarhum adalah sosok pemikir Islam moderat yang pemikirannya diakui dan dikagumi dunia internasional. “Kyai Hasyim tidak membuat sekat-sekat antara, kyai, politisi, dan negarawan.”
Pemikirannya banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan dunia Islam yang moderat, bahkan dikagumi dunia internasional. Pemikiran itu diterima sebagai soft diplomasi dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif.
Pemikiran almarhum, kata Hidayat, menunjukkan Islam dan negara, bukan hal yang dapat didikotomikan. Karena itu, kelompok yang ingin mengkotak-kotakkan Islam tidak sesuai dengan pemikiran KH Hasyim Muzadi.
Seperti diberitakan, Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3) pagi dan dimakamkan di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) AL Hikam II Depok, Jawa Barat sore harinya. (art)
Sumber :