Jumat, 05 Juni 2020

Fraksi PKS DPRD DKI Terima Audiensi GPPPI, Ismail: Pelaku Usaha Harus Terus Berpikir Kreatif


Jakarta – Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Penyelenggara Pernikahan Indonesia (GPPPI) yang terdiri dari ASPEDI, APPGINDO, dan HIPDI melakukan audiensi dengan Fraksi PKS DPRD DKI, Rabu (3/6/2020). 

Kehadiran rombongan GPPPI disambut anggota FPKS DPRD DKI yang bertugas di Komisi B yaitu, Abdul Aziz, Achmad Yani, Ismail dan Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ).

“Besar harapan kami agar audiensi ini bisa membuka peluang kembali bagi kami pelaku usaha kreatif yang saat ini terdampak pandemi covid19”, ujar Warsono Ketum ASPEDI DKI membuka audiensi.

Sementara itu, Toto Suprapto mewakili pengusaha dokumentasi (HIPDI) menambahkan, industri jasa pernikahan pernah memberikan kontribusi yang cukup signifikan, diantaranya tahun 2016 sekitar Rp 94 triliun dan tahun 2019 sekitar Rp 56 triliun. “Namun semenjak Maret 2020 mengalami penurunan yang tajam akibat pandemik,” ucap Toto.

Kolega Warsono lainnya, Ketua APPGINDO Andie Oyong menyebutkan saat ini masyarakat calon konsumen jasa pernikahan tengah menunggu kepastian tentang peraturan dan protokol kesehatan yang jelas tentang kegiatan resepsi pernikahan. 

Dan pihak hotel, gedung, dan restoran pun telah memiliki protap lapangan serta memberikan waktu tambahan agar kegiatan resepsi pernikahan bisa dilaksanakan kembali di tempat tersebut.

Anggota Komisi Perekonomian DPRD DKI Ismail sendiri mencatat, ada sejumlah aspirasi yang disampaikan para pengusaha tersebut, diantaranya adalah agar diberikan ijin untuk melakukan simulasi resepsi pernikahan berdasarkan protokol kesehatan yang telah mereka susun. 

Selain itu mereka juga berharap agar Bank DKI bisa memberikan pinjaman lunak agar bisa memulai kembali usaha jasa pernikahan yang saat ini tengah terpuruk.

“Para pengusaha jasa pernikahan agar memunculkan juga ide-ide kreatif terkait pelaksanaan acara resepsi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti mengoptimalkan acara resepsi secara outdoor, atau menerapkan sistem shift untuk para undangan yang hadir di kegiatan indoor,” saran Ismail.

Diketahui, Fraksi PKS akan memfasilitasi pertemuan lanjutan antara GPPPI dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI guna menyusun bersama protokol kesehatan pelaksanaan resepsi pernikahan di masa pandemi ini.

Sumber :