Minggu, 07 Maret 2021

Kisah Menarik MSI Menjadi Penyiar Berita di Jepang

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, 
Mohamad Sohibul Iman


Mohammad Sohibul Iman, lahir di Tasimalaya 5 Oktober 1965, Presiden PKS periode 2015-2020 yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syura PKS memiliki prestasi akademik dan organisasi yang cemerlang.

Pria yang akrab dipanggil MSI mulai aktif berorganisasi sejak duduk dibangku SD, SMP dan SMA, sempat kuliah di IPB, Bogor, Jawa Barat. Namun, pada 1987 MSI hijrah ke Tokyo, Jepang, untuk menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan S3 dengan program beasiswa penuh.

Ada kisah menarik yang menjadi kesan tersendiri bagi sosok MSI ketika menempuh studi di Jepang,pada acara Aher-MSI Talks yang dipandu Ketua Bidang Humas DPP PKS, Ahmad Mabruri, Kamis(4/3/21). MSI berbagi kisah inspiratifnya.

“Ketika saya selesai S1 hendak lanjut S2 di Tokyo, tiba-tiba ada pengumuman dari bidang bahasa radio NHK sedang dibutuhkan penyiar berita yang bisa berbahasa Indonesia, bahasa Jepang dan Inggris, waktu itu banyak yang daftar, saya daftar hanya iseng-seng berhadiah,” Tutur MSI.

“Waktu itu ditesnya dua hal, pertama kecepatan menterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia, diluar dugaan dari seratusan lebih yang mendaftar hanya dua orang yang lolos salah satunya saya, dan di tes kedua tenta kecepatan membaca berita, saya dianggap yang paling baik.” Ungkap pria kelahiiran Tasikmalaya ini.

Sala satu hal yang paling berkesan bagi MSI, ketika menjadi penyiar berita, siaran itu juga disarkan ke Indonesia dan selalu didengar oleh ibunda, “ siaran itu kan tersiar juga ke Indonesia ya, jadi kalau ibu saya lagi kangen, beliau mendengarkan siaran berita dari saya.” Pungkas MSI.

Sumber :