Rabu, 14 November 2018

Dorong Optimalisasi Sub Terminal Agribisnis



Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. Ridho Budiman Utama mengatakan fungsi Sub Terminal Agribisnis di Desa Maja Selatan, Kabupaten Majalengka sangat strategis sebagai sarana penunjang bagi perkembangan ekonomi di sektor pertanian. 
"Hari ini kita melihat Produsen dan pedagang bawang yang sedang melakukan sortasi dan grading bawang untuk dijual ke Medan, jadi secara fungsi keberadaan STA sangat strategis", ujar Ridho, Rabu (24/10/2018). 

Ridho menambahkan, keberadaan STA dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani dan pelaku pasar serta mendidik petani untuk dapat memperbaiki kualitas produknya serta mengembangkan akses pasar dengan pengelolaan yang ideal. 
"Sayangnya belum ada struktur pengelola yang ideal di STA Maja ini, karenanya hari ini dengan di support oleh kepala desa melalui BUMDes karena lahan STA nya milik desa, diharapkan BUMDes bisa bermitra sehingga STA Kab. Majalengka ini bisa berfungsi secara optimal", tegas Ridho. 
Lebih lanjut pihaknya mendorong, Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka untuk mensupport berbagai aktivitas di Sub Terminal Agribisnis tersebut. Karena alih kelola kewenangan dari Provinsi ke pihak Kabupaten. 

Kepala Desa Maja Selatan Kab. Majalengka Abdun Naser menjelaskan, selain struktur pengelola yang belum ideal, pengelolaan STA diwilayahnya juga terkendala dengan permodalan serta sosialisasi dan pengembangan sumber daya manusia. 
" Potensi hasil pertanian di wilayah maja ini cukup melimpah, tinggal pengelolaannya serta revitalisasi dan penambahan peralatan agar kegiatan di STA semakin bergairah untuk menunjang perekonomian di sektor pertanian", tutup Naser. Solihin/dprdjabar