Rabu, 19 Agustus 2020

PKS: Pembangunan Kampung Akuarium Janji Kampanye Anies, Harus Prioritas



Jakarta – Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz mendukung keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun kembali Kampung Susun Akuarium, di Penjaringan, Jakarta Utara. Aziz menyebut pembangunan Kampung Susun Akuarium yang dahulu digusur saat era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merupakan janji kampanye Anies.

“Saya kira itu (pembangunan Kampung Akuarium yang digusur Ahok) memang janji kampanye beliau (Anies). Jadi, harus diwujudkan. Saya kira itu harus diprioritaskan, apalagi ini berpacu waktu. Kan beliau tinggal dua tahun (menjabat), dan pembangunan itu bukan waktu yang singkat,” ujar Aziz saat dihubungi, Senin (17/8/2020).

Meski demikian, Aziz belum mengetahui secara detail legalitas pembangunan kembali Kampung Susun Akuarium. Sebab, saat ini Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Zonasi tengah diajukan untuk direvisi, tapi belum dibahas oleh DPRD DKI.

“Kalau sisi legalitasnya saya belum kaji. Menurut saya, nggak mungkin gubernur berani bangun kalau sisi legalitasnya belum rampung, begitu,” tutur Aziz.

“Saya sih melihatnya kalau ini lebih ke janji kampanyenya beliau, dan kalau itu sesuai dengan perumahan rakyat, kebutuhan rakyat, ya, harus segera diwujudkan,” imbuh Ketua Komisi B DPRD DKI itu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meletakkan batu pertama sebagai pertanda pembangunan Kampung Susun Akuarium, di Penjaringan, Jakarta Utara. Anies menyebut peletakan batu pertama ini merupakan babak baru bagi warga Kampung Akuarium.

“Kita bersyukur, proses yang terasa panjang bagi yang menjalani. Sore hari ini jadi hari bersejarah, karena, insyaallah babak baru Kampung Akuarium akan dimulai sore ini,” ujar Anies di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (17/8).

Sumber :