Kamis, 16 Maret 2023

Quatly Sebut Pemutakhiran Data Pemilu Menjadi Penting Saat Ini

Quatly Abdulkadir Alkatiri, Wakil Ketua DPRD 
Jawa Tengah / Foto: Arsip Sekretariat DPRD Jateng

Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Abdulkadir Alkatiri, menyebutkan bahwa pemutakhiran data jelang pemilu menjadi sangat vital. Hal ini disampaikannya saat sambutan pembukaan Workshop Peningkatan Kapasitas bagi Pimpinan dam Anggota DPRD Jateng di Hotel SwissBell, Surakarta, (3-5 Maret 2023).

"Dalam tahapan pemutakhiran data yakni pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih merupakan salah satu bagian yang sangat penting, mengingat daftar pemilih merupakan rohnya Pemilu," Ujarnya.

Kegiatan sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan dan pengamanan Pemilu Serentak 2024 di Jateng. (istimewa/dokumentasi Bawaslu Jateng)

Harapannya coklit di lapangan berjalan dengan baik, untuk meminimalisir permasalahan data yang nyaris setiap tahun pemilu muncul seperti data ganda, data orang meninggal masih tercatat, dan sebagainya, dapat diselesaikan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat muncul isu-isu strategis mengenai polarisasi politik, penggunaan sosial media dan berbagai macam isu hoak dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab harus mendapatkan perhatian serius.

“Agar tidak ada pembelahan masyarakat akibat polarisasi politik yang dimungkinkan akan turut mewarnai Pemilu 2024. Kita bersama-sama berusaha agar pemilu berjalan damai, adil, aman, dan kondusif, serta terbebas dari aktivitas kampanye hitam yang membelah dan memecah masyarakat,” tandasnya. (adv/anf)

Sumber :