Kamis, 22 Februari 2024

Sepanjang tahun 2023, Terpasang Ratusan PJU-TS atas Aspirasi Diah Nurwitasari 2


Kabupaten Bandung Barat (23/02) — Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari, bersama Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar acara Peresmian Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Desa Cihanjuang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Diah, sumber daya alam yang terkandung di Bumi Nusantara termasuk di dalamnya sumber daya energi terbarukan baik panas bumi, air, angin, surya, samudera, dan lainnya merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang patut disyukuri sehingga harus dijaga dan dimanfaatkan dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari.

Kementerian ESDM melalui aspirasi Komisi VII DPR-RI, Diah Nurwitasari, dengan dukungan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, utamanya pemanfaatan energi surya untuk penerangan jalan melalui program Pemasangan PJU-TS sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN.

Dalam sambutannya Diah Nurwitasari mengucapkan terima kasih atas terealisasinya program ini.

“Saya haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Desa Cihanjuang dan Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat yang sangat terbuka untuk bekerjasama, kepada para relawan yang membantu urusan teknis administrasi dan survey lokasi, kepada Kementerian ESDM terutama Dirjen EBTKE dan semua pihak yang sudah berkontribusi hingga terealisasinya program yang sangat bermanfaat ini,” tutur Aleg perempuan lulusan Jerman ini.

Diah menegaskan selama tahun 2023 sejumlah program telah digulirkan bersama para stakeholder di komisi VII.

“Alhamdulillah sepanjang tahun 2023 saya bersama Dirjen EBTKE Kementerian ESDM mampu membangun 500 unit PJU-TS di Kabupaten Bandung dan KBB, untuk KBB sendiri ada 171 unit PJU-TS yang tersebar di berbagai desa dan kecamatan,” lanjut Diah, Anggota Fraksi PKS yang baru meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di UNPAD awal pekan ini.

Diah berharap program dan advokasi yang sudah dilakukan memberikan kebermanfaatan yang besar dan luas bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

“Semoga PJU-TS yang sudah dibangun ini membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, saya harap kita semua bisa bersama-sama menjaganya agar umur kebermanfaatan dan berkahnya bisa dinikmati banyak orang lebih lama,” pungkas perempuan asli Bandung ini.

Adapun dari Kementerian ESDM yang diwakili oleh Koordinator Perencanaan dan Pengadaan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, I Gede Yudhistira mengungkapkan sebuah data.

“Pada tahun anggaran 2023, PJU-TS yang dibangun sebanyak 31.075 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.533 KM, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.”

“Pemasangan PJU-TS ini merupakan salah satu langkah pemerintah sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih, yang minim emisi dan ramah lingkungan. untuk mencapai target Net Zero Emission (Nol Emisi Karbon) pada tahun 2060 atau lebih cepat,” lanjut I Gede Yudhistira.

Senada dengan Diah Nurwitasari pejabat dari Dirjen EBTKE menutup sambutannya dengan sebuah harapan.

“Semoga dengan adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat. 

Kami juga mengharapkan PJU-TS yang telah dipasang, dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.” pungkasnya.

Pada acara tersebut hadir pula beberapa tokoh yang ikut memberikan testimoni besarnya manfaat PJU-TS bagi masyarakat. Di antaranya Kepala Desa Cihanjuang, Kepala Dishub KBB, dan Ketua DPRD KBB, Rismanto.

Sumber :