Sabtu, 02 Maret 2024

Cetak Pemimpin di Kampus, Quatly Ajak Mahasiswa Berorganisasi


Surakarta – Legislator PKS, Quatly Alkatiri mengajak mahasiswa untuk turut aktif dalam kegiatan berorganisasi. Hal tersebut Ia sampaikan pada kesempatan menjadi narasumber Seminar Peningkatan Kompetensi Leadership Ormawa Universitas Raden Mas Said Surakarta pada ahad (21/2/2024).

Dalam seminar yang digelar oleh Fakultas Adab dan Bahasa tersebut, Quatly menyampaikan pentingnya softskill kepemimpinan bagi generasi muda saat ini, khususnya mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan. 

Dirinya menyebut, pengalaman berorganisasi mampu membentuk softskill dan karakter pemimpin yang kritis, memiliki empati tinggi, serta kreatif.

“Saya menilai kepemimpinan organisasi Mahasiswa akan menunjang lahirnya generasi Mahasiswa yang makin berkualitas. Dari situlah lahirnya tokoh bangsa yang akan membawa perubahan bagi negeri ini, mengapa? softskill nya diasah, karakternya dibentuk, untuk berpikir kritis, berempati tinggi, juga kreatif”,ucap Quatly.

Lebih lanjut, Quatly juga menyampaikan bahwa kepemimpinan yang baik di tingkat Organisasi Mahasiswa (Ormawa) akan menghindarkan mahasiswa terjerumus dalam tindak kriminalitas. Mahasiswa akan cenderung fokus berorganisasi untuk mengembangkan diri dan bakatnya, dibanding aktivitas berupa pelanggaran hukum, kriminalitas, atau vandalisme.

Sebagaimana diketahui, fakta di lapangan membuktikan bahwa kekerasan dengan senjata tajam (sajam) dan senjata api (senpi) lebih banyak digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa ketimbang kelompok masyarakat lainnya.

“Saat ini menurut data dari aplikasi EMP Pusiknas Bareskrim Polri menunjukkan kekerasan dan kejahatan yang menggunakan senjata tajam maupun api lebih banyak dilakukan pelajar dan mahasiswa ketimbang kelompok masyarakat berdasarkan kategori pekerjaannya”, ungkapnya.

Oleh karena itu, Quatly berharap mahasiswa selalu aktif berorganisasi dan bergaul secara positif baik di dalam maupun di luar kampus. Tujuanya agar mahasiswa dapat mengembangkan kapasitas dirinya secara maksimal dan turut berkontribusi baik bagi Kampus dan lingkungan sekitar serta turut berperan dalam mendukung pembangunan Bangsa Indonesia.

“saya berharap Mahasiswa selalu menjadi agent of chance dan kontrol penyeimbang atas segala kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat kecil’, tutupnya.

Acara seminar tersebut berlangsung lancar dengan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan akademisi. Panitia penyelenggara yakni Fakultas Adab dan Bahasa merasa senang dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Quatly yang juga Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Sumber :