Sabtu, 16 Maret 2024

Ledia Hanifa Ajak Masyarakat di Dapil Hadapi Tantangan Bangsa dengan Bekal 4 Pilar MPR RI


Bandung (13/03) — Anggota DPR RI sekaligus MPR RI dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dihadapan perwakilan masyarakat dari Kecamatan Cidadap dan Regol di Hotel Newton, Kota Bandung (07/03/2024).

Dalam paparannya Ledia Hanifa mengingatkan tentang tantangan kebangsaan yang meliputi tantangan internal dan eksternal.

“Tantangan internal bangsa ini salah satunya masih banyak yang belum memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, padahal sebagai dasar tentu akan mempengaruhi penegakan kekokohan kehidupan bernegara. 

Contohnya, terkait sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, ini bermakna semua Warga Negara Indonesia harus bertuhan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Ledia

Tantangan internal selanjutnya, ungkap Ledia, adalah fanatisme kesukuan. Padahal, para pendiri negeri ini telah berjuang dengan segenap jiwa raga untuk mempersatukan Indonesia. Karenanya perbedaan agama, suku, bahasa hingga warna kulit merupakan keistimewaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. 

Perbedaan yang bukan untuk membedakan tetapi justra berupa keberagaman yang mempersatukan dalam keindahan dan harmoni.

“Bhineka Tunggal Ika itulah kita, berbeda tetapi tetap satu.” tegasnya.

Tantangan ketiga adalah adanya kesenjangan. Sebagai anggota MPR yang juga anggota Komisi X DPR RI Ledia mencontohkan besarnya persoalan ketidakmerataan di bidang pendidikan.

“Harus kita akui soal sarana prasarana, ketersediaan guru hingga rata-rata tingkat pendidikan banyak ketidakmerataan di berbagai wilayah. 

Sehingga banyak rakyat Indonesia yang ketika ingin mengenyam pendidikan, harus bersekolah ke daerah lain yang terkadang jaraknya begitu jauh dari tempat asal, dan kalau secara ekonomi juga terbatas maka akan berujung pada putus sekolah.”

Selain tantangan internal, tantangan eksternal seperti pengaruh globalisasi juga harus siap dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ledia mengajak hadirin untuk semakin bijak di tengah gempuran budaya asing yang kian menjamur di negeri ini.

“Dari sisi makanan saja misalnya, semakin sering kita temui produk luar negeri yang digandrungi anak-anak muda sampai rela antre untuk mendapatkannya. Padahal di dalam negeri, kita punya beragam sekali olahan makanan tradisional yang tidak kalah lezatnya dan bahkan banyak yang serupa dari sisi bahan baku juga rasa. 

Ini tentu menjadi pengingat bagi kita semua bahwa mengikuti arus globalisasi tidak semestinya menghilangkan jati diri bangsa, bahkan seharusnya bisa menjadikan produk lokal sebagai kebanggaan,” tegas Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini.

Ledia yang merupakan Anggota DPR RI dapil Kota Bandung Kota Cimahi ini kembali mengingatkan jika 4 pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah dasar negara, pandangan hidup dan cikal bakal persatuan bangsa ini.

“Sehingga nilai-nilainya harus terus disosialisasikan, harus terus kembali diingatkan sebagai bekal menghadapi tantangan berbangsa dan bernegara,” tutup Ledia.

Sumber :