Sabtu, 24 Agustus 2013

PKS Desak SBY Tarik Dubes Di Mesir

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI asal PKS Mahfudz Siddiq meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk segera menarik Duta Besar RI berkuasa penuh di Mesir, terkait situasi yang berkembang di negara itu.
Mahfudz mengatakan penarikan duta besar meskipun hanya beberapa hari merupakan sinyal sikap Indonesia, dan memberikan dampak politik yang besar untuk mengawal nilai-nilai demokrasi yang kini diusung sebagai dasar bernegara oleh sebagian besar bangsa-bangsa di dunia.
Ia menyebutkan, posisi duta besar RI di Kairo, Mesir sangat dihormati dan punya bobot politik yang kuat.
“Dubes RI bahkan dijadikan dean of ambassador atau semacam penghulu para dubes, selain menjadi observer bagi Liga Arab,” tegas Mahfudz dalam rilis yang diterima Seruu.com, Jumat (16/8/2013).
Pemerintah Indonesia kata Mahfudz tidak perlu membenturkan usulan menarik dubes dengan urusan perlindungan WNI di negeri warisan para nabi tersebut.
“Dubes itu jabatan politis, bukan teknis. Urusan perlindungan WNI di luar negeri lebih merupakan tugas pejabat teknis kantor perwakilan,” jelaf Mahfudz.
Sikap penarikan dubes kata Mahfudz sudah dilakukan oleh sejumlah negara seperti Ekuador dan Turki.
DPR sendiri tegas Mahfudz akan terus mendorong Presiden SBY memperkuat peran-peran internasional, dalam rangka menciptakan perdamaian dunia dan memperkuat asas-asas demokrasi.[seruu.com]

Sumber :
http://www.pkspiyungan.org/2013/08/pks-desak-sby-tarik-dubes-di-mesir.html