Minggu, 27 April 2014

Usai Jadi Saksi, Tempat Usaha Kader PKS Terbakar


Tempat usaha budidaya jamur tiram milik kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ogan Ilir, Tri Budi Hikmawan (35) yang bertempat di Perum Alam Indralaya Lestari, Ogan Ilir  hangus terbakar pada Selasa (15/4) lalu. Kebakaran terjadi sekitar Pukul 04.00 WIB dini hari.

Kebakaran mulanya disadari oleh warga yang melihat sumber api di dekat sumur. Warga pun langsung memanggil Tri Budi yang rumahnya berjarak beberapa meter dari tempat pembiakan jamur tersebut.
Sayangnya jago merah merambat dengan cepat, sehingga tidak ada lagi jamur yang dapat diselamatkan. Akibat kebakaran ini, Tri Budi mengalami kerugian yang ditaksir berjumlah puluhan juta rupiah.

Tri Budi mengatakan tidak tahu pasti penyebab kebakaran. Namun, jika melihat kondisi pada saat kejadian ia yakin kebakaran tersebut dilakukan secara sengaja.
Menurut Tri Budi, pada saat kebakaran terjadi cuaca sekitar masih berembun tebal. Apabila kebakaran bersumber dari api yang kecil, maka masih ada jamur yang dapat diselamatkan. Namun, kebakaran begitu cepat melahap seluruh kumbung (tempat pembiakan-red) jamur miliknya. Tri Budi menduga kuat pemicu kebakaran berupa bahan bakar yang sengaja disiramkan, sehingga api langsung melahap habis kumbung jamur tiramnya.
Terbakarnya usaha jamur tiram Tri Budi ini, diduga kuat berkaitan dengan proses pemilu yang sedang diselenggarakan. Malam sebelum kebakaran terjadi, Tri Budi bertugas menjadi saksi PPK PKS di kecamatan Indralaya Utara. Saat itu Tri Budi bersikeras membela perhitungan suara yang keliru. Ia tidak dapat dibantah karena memiliki rekap data C-1 yang lengkap. Usaha penjagaan suara PKS yang dilakukan oleh Tri Budi ini menuai amarah saksi dari partai lain.
Tri Budi tidak mengira jika hal tersebut berujung pada pembakaran salah satu sumber penghasilan keluarganya. Walaupun demikian, ia tetap berbesar hati menerima ujian tersebut. Bahkan saat DPD PKS Ogan Ilir meminta ia bertugas kembali menjadi saksi di tingkat KPUD, Tri Budi masih menerima dan tetap berusaha menjaga suara PKS dengan maksimal.
“Saya tidak ingin menjadi beban orang lain, saya hanya berharap Allah yang memberikan pertolongan kepada saya dan menggantikan rezeki yang lebih baik dari ini.”, ujarnya.[S/N/pks-oganilir]
Sumber :