Rabu, 01 Januari 2020

Milenial Curhat ke Anis Byarwati Saat Masa Reses: Mulai Dari Bisnis Online hingga Konten Kreatif


Jakarta (26/12) – Beragam curhat (aspirasi) disampaikan oleh para milenial ke Anggota DPR RI Anis Byarwati saat melalukan reses di salah satu restoran di Pasar Rebo, Jakarta Timur (25/12).

Curhatan tersebut mulai dari begitu mudahnya penggunaan Undang-undang ITE dalam suatu kasus, proses pengolahan aspirasi yang telah disampaikan masyarakat setelah disampaikan kepada anggota dewan, pengolahan limbah plastik, pajak penghasilan bisnis online, konten kreatif hingga soal pajak film yang disaksikan di internet.

Melihat antusiasme itu, Anggota DPR RI periode 2019-2024 mengaku terkagum-kagum atas antusiasme para remaja ini. Ia menyatakan bahagia dan bangga melihat anak muda yang memiliki kesadaran, pengetahuan dan kepedulian terhadap politik.
“Karena di masa depan, merekalah yang akan menjadi politisi-politisi penerus perjuangan khususnya di parlemen,” jelas Anis.
Selain mendengar curhatan, tak lupa Anis menjelaskan mengenai fungsi Anggota DPR RI, baik di dalam maupun luar parlemen.

Di dalam parlemen, Anggota DPR RI memiliki Fungsi : 
  1. Legal Drafting (penyusunan Undang-undang), 
  2. Controlling (pengawasan kinerja pemerintah), dan 
  3. Budgeting (penyusunan anggaran bersama pemerintah).
Dalam kaitannya menjalankan fungsi legislasi, Anis menjelaskan Fraksi PKS DPR RI telah berhasil memasukkan usulan Rancangan Undang-undang (RUU) sebagai bentuk perjuangan memenuhi empat janji kampanye PKS.
“Keempat janji kampanye tersebut adalah berlakunya SIM seumur hidup, bebas pajak STNK kendaraan bermotor roda dua CC kecil, bebas pajak untuk penghasilan di bawah 8 juta rupiah dan perlindungan tokoh dan symbol agama,” jelas Anggota Badan Legislasi ini.
Adapun tugas anggota DPR di luar parlemen adalah menyerap aspirasi dari masyarakat, di mana anggota dewan harus menjumpai konstituen di dapilnya, baik di waktu pada umumnya hingga di masa khusus (masa reses).

Bak gayung bersambut, Ketua Panitia Acara Temu Milenial ini Muhammad Itsbat, menekankan agar anak muda terbuka dengan dunia politik dan dekat dengan politisi agar dapat menyampaikan aspirasinya.

Sumber :