Rabu, 11 November 2020

Mardani: Saatnya Berpikir Membangun Ekosistem Green Economy Policy



Bandung (11/11) — Wakil Ketua BKSAP DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mengemukakan pentingnya menggagas Kebijakan green economy kedepannya.

Hal itu dikatakan Mardani, dalam forum FGD BKSAP DPRI dengan tema Promoting Indonesia’s Green Growth Initiative: Enhancing Public Access to Information and Public Participation in the Parliamentary Legislative and Oversight Roles di Bandung 9-11 November 2020.

“Wabah Pandemi Covid-19 mengajarkan kita untuk menjaga planet Bumi. Indonesia harus leading dengan berpikir menghijaukan alam dengan membangun ekosistem green economy policy,” kata Mardani, (10/11/2020).

Mardani mengatakan saat ini Bumi dihuni oleh sekitar 7.7 miliar populasi.

“Masalah energi, perubahan cuaca, krisis pangan, dan air adalah masalah yang paling rawan. Hal ini, mengancam eksistensi manusia karena keterbatasan alam dalam memproduksi segala macam kebutuhan manusia yang semakin konsumtif dan rakus energi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mardani mengatakan beberapa negara berkembang, berdasarkan laporan UNEP di situsnya tahun 2010, telah melakukan pratek ekonomi hijau yang konsisten sehingga menjadi benchmark ideal membuat kebijakan ekonomi hijau, “kita harus kearah sana,” kata Dosen Mercubuana ini.

Politisi PKS itu mengatakan pentingnya pertumbuhan ekonomi dan investasi pasca pandemi.

“Namun, kita perlu mendorong kearah pertumbuhan ekonomi hijau yaitu dengan memastikan ekonomi tetap tumbuh, tapi dampak dan daya dukung alam/lingkungan minimal tidak jatuh atau tetap dapat dipertahankan,” kata Mardani.

Beberapa kebijakan kunci yang perlu di dorong oleh para pemangku kebijakan.

“Moretarium, izin hutan menjadi permanen, moratorium izin sawit, restorasi lahan gambut, perhutanan sosial dan lain sebaginya,” pungkas Mardani.

Sumber :