Sabtu, 24 Februari 2018

HNW Dorong Pesantren Berorientasi Keunggulan Berbagai Bidang




Saat melantik Pengurus Pusat Majelis Pesantren Dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) di Pondok Pesantren Baitul Quran, Kota Depok, Jawa Barat, 19 Februari 2018, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengharap agar pesantren di bawah MAPADI mengembangkan intelektual dan kegiatan ilmiah agar menjadi pesantren unggulan. 

Hal demikian ditekankan sebab dalam agama Islam tidak mengenal dikotomi antara ilmu dunia dengan nilai-nilai ilahiah. "Kita harus meningkatkan sumber daya manusia dengan memadukan intelektualisme dan spiritualisme," paparnya.
Bila pesantren mempunyai keunggulan dalam berbagai bidang maka hal demikian akan memudahkan MAPADI dalam berdakwah. "Orang akan mudah menerima dakwah bila ada keunggulan," ujarnya. "Bila pesantren mempunyai keunggulan maka ada yang dibanggakan dari ummat Islam," tambahnya.

Lebih lanjut dipaparkan di hadapan pengurus MAPADI dan ratusan santri Baitul Quran, bila ummat Islam unggul maka bangsa Indonesia secara otomatis akan menjadi bangsa yang maju di dunia. 

Memajukan pesantren yang berkeunggulan diakui oleh HNW tidak mudah. Untuk itu dirinya selain berdoa juga mendorong agar pengurus MAPADI yang tersebar di 14 Provinsi dan 300 kabupaten dan kota di Indonesia itu untuk merealisasikan program kerjanya. "Pesantren di bawah MAPADI harus bisa berkontribusi pada kemajuan bangsa," ujarnya. "Memajukan Indonesia merupakan tradisi ulama kita," tambahnya.

Sumber :
http://www.mpr.go.id/posts/hnw-dorong-pesantren-berorientasi-keunggulan-berbagai-bidang