Senin, 10 Februari 2020

Kualitas Kesehatan, Modal Jaga Nilai Luhur Bangsa

Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudrajat. Foto : Dok/Man
Anggota Komisi IX DPR RI Adang Sudrajat mengimbau semua pihak untuk fokus membangun kualitas kesehatan yang dimulai dari peningkatan kualitas dalam menjalani hidup. 

Pola hidup yang terdiri dari pola makan, pola berpakaian, hingga berinteraksi dengan sesama warga merupakan kunci dasar dalam peningkatan kulitas dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
"Ada hubungan erat antara kualitas kesehatan kita dengan kualitas hidup kita yang berujung pada penjagaan nilai luhur bangsa yakni menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan meningkatkan kualitas persatuan Bangsa,” ujar Adang dalam berita rilisnya, Senin (10/2/2020).
Legislator dapil Jawa Barat II itu menambahkan, ketika badan sehat, pikiran cenderung akan sehat. Ketika jiwa raga sehat, di mana sebagai elemen utama bangsa, yakni sumber daya manusia yang mengisi negara, maka proses menjalani kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan berkeluarga juga akan semakin baik.

Adang juga memberikan gambaran bagaimana kondisi bangsa yang tidak sehat akibat serangan penyakit yang sulit dikendalikan sehingga mengakibatkan kelumpuhan dalam menjalani aktivitas kehidupan. 

Virus Corona yang menyerang suatu kota, membuat kota itu lumpuh yang mengakibatkan kepanikan bukan hanya di kota itu, melainkan merembet kepanikan itu satu negara bahkan satu dunia.

Adang mengingatkan agar kebersihan dan kesehatan, baik diri maupun lingkungan perlu ditingkatkan. "Sudah terbukti, ketika kesehatan itu rusak pada suatu lingkungan atau komunitas, bahkan satu kota, maka yang terjadi adalah saling sikut, saling rebut segala sumber daya baik makanan maupun minuman untuk menyelamatkan diri sendiri. 

Untuk itu, pencegahan segala penyakit dengan meningkatkan kualitas kesehatan menjadi jalan awal menjaga nilai kemanusiaan dan nilai persatuan bangsa,” jelasnya.

Adang menekankan akan pentingnya peran seluruh elemen bangsa mulai dari pemerintah pusat, provinsi, daerah hingga tingkat kecamatan sampai RT untuk menguatkan informasi akan pentingnya kualitas pendidikan dan kesehatan. Pendidikan dan kesehatan ini amanah nya sangat mendasar dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.
"Saya mengajak kepada semua masyarakat, untuk turut aktif, mendukung pemerintah di semua level dalam upaya menyehatkan seluruh masyarakat. Dengan kerjasama masyarakat dengan pemerintah yang baik, kita akan menjadi negara kuat, baik jasmani maupun rohani,” tutupnya. (dep/es)