Senin, 24 Juli 2023

Alhamdulillah, PKS Jabar Berhasil Selamatkan TKW di Malaysia

Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Bandung, 
Susi Sulastri (memegang mikrofon) saat menghadiri 
syukuran pemulangan calon TKW dari Malaysia


Alhamdulillah, sekali lagi PKS Jawa Barat mampu mengadvokasi warga yang bekerja di luar negeri. Adalah Iis Sukaesih, TKW asal Kota Bandung yang hendak bekerja di Malaysia. Impiannya untuk mencari nafkah di negeri seberang harus pupus, Ketika ia ternyata dalam kondisi hamil muda ketika berangkat ke Malaysia.

Dua pilihan sulit dihadapi Iis di Malaysia. Jika ingin terus bekerja di sana, ia harus menggugurkan janin dalam kandungannya, jika ingin pulang Kembali ke Indonesia, ia harus membiayai sendiri ongkosnya plus dikenakan denda juga.

Saat gundah seperti itu, Iis ingat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pengurus dan kader-kadernya dikenal karena kepeduliannya. Ia coba menghubungi dan Alhamdulillah terhubung dengan Fraksi PKS DPRD Kota Bandung Susi Sulastri.

Susi Sulastri kemudian berkoordinasi dengan pejuang perempuan PKS lainnya yaitu anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan. Kedua tokoh perempuan ini mengadvokasi, menghubungi pihak pemerintah RI dan berhasil memulangkan Iis Sukaesih kembali ke tanah air.

Susi Sulastri bersyukur karena koordinasi dari semua pihak terkait berjalan sangat baik. Sehingga, proses pemulangan calon TKW dari Malaysia tersebut berjalan lancar.

"Alhamdulillah satu janin berhasil diselamatkan, dan pada hari Selasa sudah sampai di Bandung, berkumpul dengan keluarga dan menggelar syukuran," kata Susi Sulastri.

Sebelumnya, PKS Jawa Barat juga pernah mengadvokasi TKW asal Sukabumi yang belasan tahun hilang kontak dan tidak bisa pulang ke tanah air. Baca kisahnya di sini

Sumber :