Kamis, 27 Juli 2023

Penerbangan dari Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati, Sektor Pariwisata Terkena Dampak

H. Tedy Rusmawan


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menyoroti dampak pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati. Penurunan jumlah wisatawan ke Kota Bandung turut menjadi dampak yang diperhatikan.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menilai, akan ada dampak jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung dengan adanya kebijakan pengalihan penerbangan pesawat jet dari Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati.

"Sedikitnya akan ada dampak untuk kelangsungan jasa pariwisata di kota Bandung pada masa transisi pengalihan layanan penerbangan pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati," jelas Tedy Rusmawan,

Meski begitu, Tedy mendukung penuh kebijakan tesebut. Tedy pun meyakini, pemerintah pusat maupun Kota Bandung menyiapkan berbagai hal yang menunjang kemudahan perjalanan dari Bandung Raya ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya.

"Namun, pemerintah pusat maupun Kota Bandung bakal menyiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi dampak tersebut, kami yakin akan hal itu," kata Teddy.

Tedy berharap, pemerintah pusat maupun Kota Bandung terus menyosialisasikan kebijakan ke berbagai pihak, terutama pelaku jasa pariwisata di Kota Bandung. Hal itu guna menginformasikan kepada wisatawan agar tetap berkunjung ke Kota Bandung, terlebih kebijakan itu berlaku mulai 1 Oktober 2023.

"Itu untuk penerbangan dengan pesawat jet. Sementara itu, berdasarkan informasi, penerbangan dengan pesawat baling-baling masih tersedia di Bandara Husein Sastranegara, paling tidak satu tahun. Informasi itu perlu sampai ke masyarakat dan pemangku kepentingan guna memberi kepastian," katanya.

Selain itu, Tedy menilai perlu ada angkutan pengumpan dari Bandung Raya ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya. Sehingga, keperluan wisatawan maupun masyarakat yang hendak bepergian melalui udara bisa terakomodir dengan baik.

"Pernah ada bus feeder dari dan ke BIJB Kertajati yang dikelola DAMRI. Semoga, bus itu kembali beroperasi, apalagi ada rute khusus. Masyarakat Kota Bandung maupun wisatawan yang melakukan perjalanan dengan pesawat jet pun beroleh fasilitas itu," katanya.

Tedy mengutarakan, tol Cisumdawu bakal beroperasi penuh pada Oktober 2023, jarak tempuk perjalan darat dari Kota Bandung ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya cukup satu jam, bahkan bisa lebih cepat. Kondisi serupa terpantau terus berjalan di daerah lain, misal Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Wisatawan yang hendak ke Yogyakarta masih banyak yang melalui Bandara Adisutjipto di Kabupaten Sleman. Belum saatnya mengkhawatirkan dampak pengalihan penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati akan tingkat kunjungan wisatawan Kota Bandung," tandasnya.

Ahmad Farid Fakhrullah

Sumber :