Senin, 22 Juli 2013

Banjir Kendari 3 Meter PKS Terjunkan Tim Evakuasi dan Bantuan


KENDARI - Hujan yang turun selama seminggu tanpa henti membuat 2/3 wilayah daratan Sulawesi Tenggara terendam banjir. 
Tak terkecuali di Kendari, banjir yang mulai melanda sejak Senin malam (15/7) tersebut menyebabkan Kota Kendari lumpuh karena akses jalan-jalan utama digenangi air setinggi paha hingga dada orang dewasa. 
Rumah dan perumahan yang berada di sepanjang Sungai Wanggu tak satupun yang luput dari terjangan sungai yang membelah ibu kota provinsi tersebut. 
Beberapa rumah di antaranya terbawa oleh arus banjir beberapa meter dari tempatnya. Kondisi ini membuat ribuan warga Kota Kendari harus mengungsi disebabkan air mencapai ketinggian 3 meter.
Berada di daerah yang juga terkena dampak banjir bukan berarti harus ikut mengungsi. Hal inilah yang dilakukan oleh DPD PKS Kota Kendari. Meski Sekretariat DPD PKS Kota Kendari juga terkena dampak dari banjir pertama sejak tahun 1975 ini tak membuat pengurus DPD PKS Kota Kendari ikut menjadi bagian dari pengungsi. 
Justru sejak Senin tengah malam (15/7) DPD PKS Kota Kendari mengerahkan seluruh anggota Tim Kepanduan untuk membantu warga yang mulai terjebak banjir di rumah mereka. Tak tanggung-tanggung, Ketua dan Sekretaris DPD PKS Kota Kendari juga turun langsung mengevakuasi warga yang terjebak banjir. 
Hal ini dilakukan tanpa henti hingga banjir mulai surut pada hari Kamis pagi (18/7). Mengevakuasi korban, mendistribusikan makan, minuman, dan pakaian siap pakai dilakukan Tim Kepanduan PKS Kota Kendari dengan menembus derasnya arus banjir. 
Di beberapa tempat Tim Kepanduan harus menerobos dan menyeberangi derasnya Sungai Wanggu yang luapannya meluber hingga setinggi jembatan.
Kerja Tim Kepanduan PKS Kota Kendari selesai ? Ternyata tidak. Hingga Sabtu sore (20/7) dan diprogramkan sampai Kamis sore (25/7) Tim Kepanduan PKS Kota Kendari masih terus membantu warga membersihkan lingkungan dan rumah mereka dari endapan lumpur pasca banjir. 
Ketua, sekretaris, beserta beberapa pengurus inti PKS Kota Kendari juga turun langsung dalam aksi bersih-bersih ini. Pasca banjir ini, selain tetap mendistribusikan makanan, minuman, dan pakaian siap pakai, PKS Kota Kendari juga mendistribusikan air bersih yang memang sangat dibutuhkan warga.
Ketua DPD PKS Kota Kendari, Sulkarnain K, S.E. mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk kepedulian PKS terhadap lingkungan sekitarnya terlebih kepada masyarakat.
“Bantuan yang disalurkan merupakan sumbangan dari kader dan simpatisan PKS Kota Kendari baik itu dalam bentuk uang dan barang. Kami bapak-bapaknya bertugas di lapangan dan ibu-ibunya yang menyiapkan paket makanan jadi, makanan kering, minuman, dan mengemas pakaian siap pakai,” 
terangnya saat bersama Tim Kepanduan membantu warga membersihkan rumah mereka.
Beberapa warga mengatakan tidak percaya dengan yang dilakukan PKS. Saat awal terjadi musibah kami seperti tidak percaya kalau yang turun pertama kali itu adalah orang-orang dari PKS.



“Kami tidak percaya kalau orang-orang PKS bisa melawan arus banjir sekeras itu membantu warga. Tetangga saya ada yang barang-barangnya dikeluarkan dari rumah saat banjir dibantu sama orang PKS. Ada juga warga yang dievakuasi saat terjebak banjir dalam rumahnya sama orang PKS. Warga di sini banyak-banyak berterima kasih deh…sama orang-orang PKS. Dari awal banjir sampai sekarang masih membantu kami warga. Terima kasih deh…buat orang-orang PKS,” ucap Johan, salah seorang korban banjir. (dul)
Sumber :