Selasa, 30 Juli 2013

Serentak, Para Fans PKS di Korea Mengadakan Buka Puasa Bersama

Para fans PKS di Korea yang tergabung PKS Korea Fans Club mengadakan buka puasa serentak pada hari Sabtu, 27 Juli 2013. Acara ini diadakan di dua kota besar di Korea. Untuk fans yang berada di utara Korea berkumpul di kota Seoul. Sedangkan untuk fans yang berada di daerah tengah dan selatan berkumpul di kota Daegu.

Wilayah Tengah dan Selatan 
Untuk wilayah tengah dan selatan, acara bertempat di salah satu warung Indonesia, Bali Indah Café, di kota Daegu.
Acara di buka oleh mas Bagus Sucipto, salah seorang pekerja di Daegu, yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan sesama fans PKS. Suasana santai dan penuh kekeluargaan ini makin mengakrabkan para fans yang selama ini hanya berkomunikasi via social media.

Acara dilanjutkan dengan sambutan salah satu pengurus Pusat Informasi & Pelayanan PKS Korea (PIP PKS Korea), mas Muhammad Rusdi. Yang kemudian disambung dengan foto bersama dan saling sharing pengalaman puasa di Korea. Waktu berbuka pun tiba, para peserta kemudian menyantap menu berbuka sambil mendengarkan sedikit tausyiah yang disampaikan mas Rusdi terkait Ramadhan dan Al-Qur’an.
Sampailah di ujung acara. Buka puasa PKS Korea Fans Club ini pun ditutup dengan do’a dan dilanjut dengan sholat maghrib berjama’ah di Masjid Al-Amin yang lokasinya berada di satu gedung dengan tempat buka puasa tersebut.

Wilayah Utara
Di wilayah utara sendiri, acara buka bersama ini diadakan disebuah restoran India di dekat Masjid Itaewon. Kegiatan diawali dengan sapa-sapa kangen dan dilanjutkan dengan Tilawah Al-Qur’an secara bergiliran dimana peserta saling memperbaiki bacaan. Menjelang Maghrib peserta menyimak dan mendiskusikan Tafsir awal Qur’an Surat Muhammad, yang dipimpin Kang Gilar dan Ustadz Hadiyawarman.
Ba’da Ta’jil, peserta mengikut Shalat Berjama’ah di Masjid Itaewon. Kemudian santap makan besar (acara puncak) dilakukan di restoran Wazwan, karena lokasi sebelumnya telah penuh. Alhamdulillah pemilik Wazwan Resto pernah tinggal di Indonesia, sehingga kami akrab mengobrol dengannya. Cukup spesial, acara bukber dihadiri oleh Prof. Johar Arifin, Ketua Umum PSSI yang sedang kunjungan kerja ke Korea, beliau menyempatkan ke Masjid dan menemani para peserta Bukber di Restoran.
Diskusi hangat dan santai tentang persepakbolaan nasional yang sangat memprihatinkan. Diskusi yang dipimpin Mas Hadi Teguh Yudhistira kemudian memperbincangkan masalah Dunia Islam dan juga Indonesia. Tidak lepas dari diskusi adalah bagaimana cara untuk mencerdaskan WNI di Korea, bahwa ikut serta dalam Pemilu 2014 dan berkontribusi mengantarkan Partai Islam mengemban amanah pembuatan Undang-undang dan mengawasi jalannya pemerintahan adalah suatu yang sangat penting, apalagi bagi ummat Islam. Alhamdulillah banyak ide dan gagasan tertelurkan.
Setelah makan, para peserta sebagian pergi ke Masjid Itaewon dan sebagian ke Mushola Al-Falah Guro untuk Shalat Isya dan Tarawih. Semoga acara ini berkah dan bisa diulang di lain kesempatan. Amin. 

Sumber :