Senin, 18 April 2016

Elektabilitas Balon DKI Sandiaga Uno Terus Meningkat


Elektabilitas dan popularitas Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno kian meningkat signifikan. Kenaikan tersebut terlihat dari hasil survei internal Sahabat Sandiaga Uno yang dilakukan pada akhir Maret 2016 lalu. 
Sejauh ini, Sandiaga Uno secara meyakinkan mampu meraih elektabilitas tertinggi kedua dengan prosentase sebesar 21 persen.
Sedangkan, tertinggi masih ditempati oleh incumbent Basuki Tjahja Purnama (Ahok) sebesar 46 persen. Namun, hal yang menarik aalah posisi Sandiaga Uno mampu mengungguli pesaing lainnya, seperti Yusril Ihza Mahendra (12 persen), Ridwan Kamil (10 persen), Tri Rismaharini (6 persen).
Sebaliknya, ketika responden ditanya kesempatan untuk beralih ke calon lain (swing voters). Maka, Sandiaga Uno justru menjadi prioritas pilihan utama responden tertinggi sebesar 72 persen menyatakan akan memilihnya, dan 28 persen tidak memilihnya. 
Sedangkan, Ahok Justru hanya meraih 30 persen responden yang mengaku akan memilihnya. Dan berturut-turut, Tri Rismaharini (43 persen), Yusril Ihza Mahendra (37 persen), Ridwan Kamil (36 persen), dan Abraham Lunggana (33 persen).
Koordinator Sahabat Sandiaga Uno (SSU), Anggawira mengaku jika pergerakan Sandiaga Uno memang makin kuat dan hasilnya patut diapresiasi. Hal itu dikarenakan figur dan komunikasi politikus Partai Gerindra itu yang dinilai masyarakat cukup merakyat, sehingga membuat mereka menerimanya.
"Bang Sandi masih memiliki penilaian yang relatif lebih baik terhadap masyarakat dan ini masih ada ruang peningkatan elektabilitasnya seiring dengan makin dikenalnya figur dan kapabilitas dari Bang Sandi," ujarnya dalam rilisnya, Jumat (15/4).
Anggawira juga menjelaskan bahwa relawan SSU akan terus memperbesar basis pemilih kalangan menengah ke bawah (grassroots people) dan terus membangun kesadaran masyarakat agar semakin mengenal profil calon kuat yang akan disusung Partai Gerindra itu.
Sementra itu, jurubicara SSU, Anthony Leong menjelaskan bahwa hasil survei itu menunjukkan kalau Sandiaga Uno telah berhasil memposisikan dirinya sebagai salah satu pesaing terbaik di DKI 1 pada Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti. 
Meski, figur pengusaha sukses identik orang elit, akan tetapi Sandiaga Uno nyatanya justru telah berhasil menunjukkan bahwa dia mampu berempati dan membaur serta terhubung ke kalangan menengah ke bawah.
"Hasil survei tersebut menggambarkan bahwa kalangan masyarakat menengah ke bawah sudah cukup mengenal dan mempercayai serta semakin dekat dengan Bang Sandi, ini berkat adanya perjuangan semua elemen yang mendukung Bang Sandi," tuturnya.
Sekedar informasi, survei ini fokus menyasar kalangan menengah ke bawah (grassroots people) sebanyak 1000 responden secara acak yang tersebar diseluruh wilayah Jakarta. Metode yang digunakan adalah model Social Economic Status (SES) yang kriterianya responden diwajibkan memiliki KTP dan memiliki hak pilih.(cnn)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar