Rabu, 04 September 2013

Jagoan PKS Unggul di Pilkada Lebak


PKS Nongsa - Jagoan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Iti Oktavia yang berpasangan dengan Ade Sumardi, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Lebak 2013 dinyatakan unggul dalam perhitungan cepat (quick count) Saiful Mujani Research and Constulting (SMRC).
Berdasarkan hasil penghitungan, pasangan Iti-Ade unggul atas pasangan lainnya dengan perolehan suara 60,55 persen. Sedangkan Amir Hamzah (Wakil Bupati Lebak saat ini) yang berpasangan dengan Kasmin (warga suku baduy) yang didukung Partai Golkar meraih 36,24 persen suara. Selanjutnya ada Pepep Faisaludin-Aang Rasidi yang maju dari jalur perseorangan dengan perolehan suara sebanyak 3,21 persen.
Menurut Senior Analisi SMRC, tingkat partisipasi Pilkada Lebak sebesar 74,74 persen. Sedang margin of error atau toleransi kesalahan survei 1 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Artinya, perolehan suara kandidat dari hasil quick count bisa digeser ke atas atau ke bawah sebesar 1 persen. 
“Perhitungan cepat ini dilaksanakan dengan memilih 200 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap kecamatan, di Kabupaten Lebak,” Kata Adam Kamil.
Sementara itu Anggota KPU Lebak Ishak Newton mengatakan, secara resmi perhitungan ditingkat KPU Lebak akan dilakukan pada 8 September 2013. Perhitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga surve itu bukan perhitungan resmi, yang dijadikan dasar penetapan calon terpilih oleh KPU Lebak.
"Untuk perhitungan ditingkat PPS dijadwalkan tanggal 5 September," ujarnya.
Selain oleh PKS, pasangan Iti-Ade diusung juga oleh Demokrat, PDIP, Hanura, PPP, dan PPNU. Pilkada Lebak dilaksanakan pada 31 Agustus 2013. 

* pks-kabserang.org 

Sumber :