Minggu, 20 Juli 2014

Mensos Beri Bantuan Lansia Terlantar dan ODKB


Jakarta - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri memberikan bantuan kepada lanjut usia terlantar dan orang dengan cacat berat (ODKB) di sejumlah wilayah di Jakarta, Minggu (20/7).
Bantuan langsung diserahkan Mensos dalam kunjungannya ke tempat tinggal Hasanuddin (67) dan Uka (65) di Menteng Wadas Setiabudi, serta Sari (70) di kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan.
Sementara bantuan untuk ODKB diserahkan pada Suci Yulianti (15) yang mengalami cacat fisik dan mental yang tinggal bersama orang tuanya di Utan Kayu.
Mensos juga menyerakan bantuan kepada Slamet Riadi (33), buruh serabutan yang juga mengalami cacat fisik dan mental di Utan Kayu Selatan.
Jumlah orang dengan kecacatan saat ini terdata sebanyak delapan juta orang sedangkan kemampuan anggaran pemerintah setiap tahunnya hanya dapat membantu 1.500 orang.
Sementara lansia terlantar berjumlah 2,8 juta, sedangkan kemampuan pemerintah hanya membantu 1.000 orang per tahun.
"Kita berharap dengan otonomi daerah, daerah bangkit sebab tidak mungkin semua ditangani kementerian," kata Mensos.
Menurut Mensos, selama ini anggaran untuk penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di daerah sangat kecil dibandingkan jumlah PMKS.
"Kalau setiap daerah juga menangani PMKS dan menyediakan anggaran dalam APBD, masalah PMKS akan selesai. Kalau Kemensos menangani semua tidak mungkin, kita lebih banyak membantu dari segi SDM," katanya. (beritasatu)
Sumber :