Rabu, 16 Juli 2014

"Mengupas Keanehan Data kawalpemilu.org"


By @UdaIrfan
Firasat sy soal keanehan kawalpemilu sudah ada yg sependapat >>http://t.co/mtzWWD2DH4
Saya pernah beberapa kali kerjasama dengan kawan2 it, terutama yg pakai data base besar, pekerjaan seperti ini nggak gampang
Perlu ada trial error berapa kali sebelum bisa smooth dipakai, jd sy merasa aneh bila ada situs publik dgn data besar bs langsung jalan
Terakhir sy kerja dgn model datanya musti diinput, perlu persiapan panjang, baik situsnya, maupun inputernya
Lalu ada situs ini kawalpemilu, dengan inputer siapa saja, dan jalannya begitu mudah, terlalu mudah buat sy
Ini yg buat saya menduga ini situs aneh, segalanya dibuat terlalu mudah, terlalu hebat, dan terlalu gampang
Saya baca analisa bro indra, salah 1 keanehannya pemilik hostingnya disembunyikan, kalau ini milik publik, kenapa rahasia
Namun yg saya ingin tanya itu proses inputer data, bila melibatkan banyak orang, yg tak terlatih gimana bs menjamin data itu valid
Di analisa bro indra, terdapat keanehan soal scriptnya, cuma sy gak ahli utk bahas ini, bagusnya dibaca sendiri sj ya
Tadi di tl, saya baca yg buat partisan ke no 2, menurut sy sebagai upaya jaga oke, tp kalau cuma buat giring opini, sayang banget
Kesalahan mendasar timses no 2 menurut sy, mereka tak cekatan melengkapi saksi di semua tps, ini fatal, saat data mjd kunci
Ini ada kawan kirim gambar perbedaan data di kpu dgn kawalpemiluhttp://t.co/eD92oJasbe
Ini yg paling saya tanyakan bagaimana kawalpemilu menjaga datanya valid dan bagus, belum ada yg jawab http://t.co/yTEmrO1mpo
Yg pasti contoh di gambar ini menunjukkan perbedaan antara data kpu dgn kawal pemiluhttp://t.co/QxKB45hjvQ
Makin menarik "@a5p: @UdaIrfan @simpatisanPKS TPS Error ada 10rb lebih ...http://t.co/8z82jYL5YH"
Saya pernah tanya soal data pembanding, itu gunanya untuk melihat data yg masuk benar atau tidak, soal validitas
Saya juga menunggu kawan2 relawan utk bisa buka soal inputer, by name, by addres, dan coverage, ini agar data bs dipertanggung jawabkan
Data dari sistem informasi akan jadi tak berguna, bila inputernya gak oke, sehebat apapun pembuatnya
Nah cilakanya data ini dipakai utk klaim kemenangan, saya tadi amati sdh mulai ada selebtwit yg giring opini
Ada yg menyamakan data ini dengan hasil exit poll rri, menurut saya ini berlebihan, padahal di situs kawalpemilu sdh ada disclaimer
Sekarang bila anda lihat 2 gambar td, bagaimana mau dipakai kalau data banyak erorr atau berlebih selisih jauh
Maaf ya kalau di twit saya anda yg kurang pas, saya cuma mau jaga pemilu seperti anda kawal pemilu *salim
Sumber :