Jumat, 18 Juli 2014

Unggul 175 Ribu Suara, Prabowo-Hatta Juara di Aceh


Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memenangi perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di Provinsi Aceh. Pasangan nomor urut satu itu meraih 1.089.299 suara atau 54 persen dari total pemilih.
Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Asrama Embarkasi Haji Banda Aceh, Prabowo-Hatta tercatat unggul 175.981 suara, dibanding pasangan rivalnya Joko Widodo-Jusuf Kalla yang hanya meraup 913.309 suara atau 45 persen. Sementara 58.485 suara dinyatakan rusak.
"Dengan ini rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden tingkat Provinsi Aceh kami nyatakan sah," kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi menutup rapat pleno tersebut, Jumat (18/7/2014) sore.
Dari hasil rekapitulasi, pasangan Prabowo-Hatta memimpin perolehan suara di 16 kabupaten/kota yakni Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Aceh Jaya.
Sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya menang ditujuh kabupaten; Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Simeulue dan Nagan Raya.
Ridwan Hadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan pilpres. Menurutnya pemilu kali ini berjalan aman dan lancar.
Serupa dikatakan Kordinator Saksi Prabowo-Hatta, Khairul Amal. Menurutnya pilpres sudah berjalan lancar dan pihaknya berterima kasih kepada masyarakat Aceh yang sudah memenangkan pasangan nomor satu. "Prabowo-Hatta menang di Aceh dan insya Allah juga menang ditingkat nasional," ujarnya.
Sementara Kordinator saksi Joko Widodo-Jusuf Kalla, Mukhlis Mukhtar menduga di beberapa kabupaten adanya intervensi kepala daerah terhadap Pegawai Negeri Sipil agar memilih pasangan tertentu. Berikutnya intimidasi oleh partai politik juga masih terjadi. "Ini harus menjadi catatan KIP ke depan," ujarnya.
Meski demikian pihaknya tetap menerima hasil rekapitulasi suara. Bersama Khairul, ia ikut memberikan tanda tangan di berkas acara.[dm/okezone] 
Sumber :