Minggu, 23 Oktober 2016

Serius Kawal Reperda Pertanian, Ridho Ingin Petani Sejahtera



Bandung, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Ridho Budiman Utama menyatakan keseriusannya dalam mengawal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pemberdayaan dan perlindungan petani. 
Hal ini disampaikan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu saat acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Petani dan Nelayan, pada Sabtu (22/10), di kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung.
“Kita mau membuat Perda tentang pemberdayaan dan perlindungan petani. Kita ingin petani yang berdaya, maju, dan mandiri,” buka Ridho.
Petani di Jawa Barat, lanjut Ridho, saat ini menghadapi berbagai persoalan, di antaranya adalah kualitas dan kuantitas lahan pertanian, infrastruktur pertanian, alih teknologi, akses permodalan, rantai tata niaga yan terlalu panjang, dan dari sisi petaninya sendiri, misalnya generasi muda tidak minat jadi petani.
“Nilai tukar pertanian juga belum menjanjikan. Uang yang diterima dibandingkan yang harus dibayarkan, itu lebih kecil,” sambungnya.
Menurut Ridho, hal ini segera harus diselesaikan. Karena kalau petani tidak sejahtera, maka ketahanan pangan di dalam negeri akan terancam. Apalagi Jawa Barat selama ini dikenal sebagai lumbung padi nasional. Untuk itulah dia berharap Perda yang sedang disusun ini bisa mendukung pemberdayaan dan perlindungan petani, sehingga petani di Jawa Barat bisa lebih sejahtera. (DLS)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar