Selasa, 10 Januari 2023

H. Asep Mulyadi Belum Puas dengan Kinerja Perumda

H. Asep Mulyadi

H. Asep Mulyadi anggota Komisi B DPRD Kota Bandung menyoroti minimnya prestasi Perumda-Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Kota Bandung. Besar harapan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung namun nyatanya masih banyak PR yang harus diselesaikan.

Akrab disapa kang Asmul ini menyebut ada 3 kunci agar Perumda Kota Bandung mengukir prestasi diantaranya pengelolaan yang profesional, akuntabilitas dan transparansi.

Politisi PKS ini pun menyakini, bila ketiga kunci ini diterapkan, maka Perumda memiliki peranan yang besar dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan dapat menjawab harapan-harapan masyarakat Kota Bandung.

"Kami dari pemerintah Kota Bandung, dalam hal ini kami di DPRD, tentu kan ingin melihat juga ketika Perumda ini prestasinya ternyata belum cukup bagus, gimana kami akan memberikan support kembali. Jadi harus menunjukan, toh ini sudah menjadi Perumda seharusnya itu harus menunjukkan kapasitas yang memang itu ada unsur-unsur pengelolaan yang profesional," ujar H. Asep Mulyadi.

Tambahnya, "jadi hal yang profesional, akuntabilitas dan transparansi itu menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Perumda-Perumda di Kota Bandung supaya harapan kami harapan masyarakat itu terhadap perumda-perumda itu menjadi kenyataan".

Kang Asmul menyebut satu diantara empat Perumda, yaitu Perumda Pasar Juara. Perumda tersebut memiliki potensi yang luar biasa, namun terdapat PR contohnya mengkaji ulang mengenai perjanjian kerjasama lantaran sifatnya sudah usang, oleh karenanya perlu dilakukan review ulang.

Kalo di Perumda Pasar itu kan ada beberapa hal disitu, perjanjian-perjanjian kerjasama yang harus di review ulang kelihatannya, karena ada beberapa hal yang ini kadang-kadang terjadi anti balancing, kalo ini dibiarkan ini akan menjadi penghambat bagaimana Perumda ini akan terus berkembang.

Pihaknya akan terus mengawasi dan memantau kinerja tiap Perumda agar capaian-capaiannya sesuai dengan target pada RPJMD Kota Bandung.

“Hari ini masih banyak PR yang terus kami awasi, kami pantau supaya kinerja lebih baik lagi,” katanya.

Perlu diketahui saat ini, Pemkot Bandung memiliki empat BUMD diantaranya Perumda Tirtawening, Perumda Pasar Juara, Perumda BPR dan Bandung Infra Investama.

Ahmad Farid Fakhrullah

Sumber :