Kamis, 19 Januari 2023

Hadiri HUT Media Lokal Aceh, Nasir Djamil: Jiwa Jurnalis Jangan Hilang karena Kemudahan Teknologi


Banda Aceh (20/01) — Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, M. Nasir Djamil mengisi kegiatan Sejam Bersama Nasir Djamil yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-18 Harian Rakyat Aceh pada Selasa, 17 Januari 2023.

Dalam kesempatan itu, Nasir berdiskusi langsung dengan peserta yang hadir dan membicarakan tema diskusi mengenai bekerja di media masa kini yang penuh dengan tantangan dan tekanan sosial yang tinggi.

Menurutnya, media harus mengemas konten-konten yang menarik dengan mengedepankan bagaimana media hadir dan bisa mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih baik kedepan. Era apapun konflik di masyarakat harus bisa diturunkan melalui pemberitaan media.

“Mau tidak mau kita memasuki Era baru. Tapi jiwa Jurnalis jangan hilang hanya karena kemudahan teknologi saat ini. Semua harus dilakukan dengan bergerak dalam mencari berita,” kata Nasir Djamil pada gelaran tersebut.

Dijelaskannya, koran-koran yang mempunyai nilai ‘sejarah’ kiranya jangan padam di era globalisasi. Dicontohkannya Koran Republika yang per 1 Januari tutup dengan kondisi perjuangan yang panjang. Era Baru mengerus managemen media Koran saat ini.

Era digital mengerus, media massa sangat berperan memengaruhi pola pikiran. Interaksi sosial harus dibangun melalui media. Media mempunyai peran penting pada masa orde baru dimana mengharuskan Surat Ijin Penerbitan Pers (SIUP) Orde baru mengendalikan media saat itu.

Saat reformasi baru ada kehidupan baru media. Dengan dihilangkannya SIUP. Kebebasan berpendapat mendapat ruang yang luas. Perubahan di era baru, bagaimana Koran Harian Rakyat Aceh harus mengambil peran untuk pembaca.

“Informasi semakin mudah, wartawan Harian Rakyat Aceh harus lebih giat menjalankan aktivitas sebagai wartawan.” kata Nasir dihadapan para wartawan Harian Rakyat Aceh.

Sumber :