Rabu, 21 Juni 2023

Ibarat Timnas Indonesia Mini, Sudah Saatnya Persib Bandung Juara Lagi

H. Tedy Rusmawan


Persib Bandung terus berbenah menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2023/2024. Persib menambah kekuatan dengan mendatangkan tiga pemain anyar berlabel Timnas Indonesia serta dua pemain asing berkualitas asal Spanyol.

Persib juga berhasil meraih kemenangan menyakinkan pada hasil tiga laga uji tanding yang dilalui, yakni melawan Persib U-21 (3-0), Bandung United (6-0), dan Dewa United (2-1).

Ketua DPRD Kota Bandung yang juga bobotoh Persib, Tedy Rusmawan, menilai, melihat amunisi dan bentuk permainan Persib dalam tiga laga uji tanding tersebut, Maung Bandung memiliki peluang besar untuk dapat kembali merengkuh prestasi terbaiknya musim ini.

Terlebih dengan hadirnya pemain baru berlabel Timnas Indonesia dan masih berusia muda, yakni Edo Febriansah serta I Putu Gede Juni Antara, semakin memperkaya skuad Persib dengan para pemain yang juga merupakan penggawa Skuad Garuda.

"Sebelumnya Persib Bandung juga punya enam pemain yang menjadi pemain pilar Timnas Indonesia, ada Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto di skuad Timnas senior, kemudian ada Beckham, Kakang (Rudianto), Robi Darwis, dan juga Ferdiansyah di skuad Timnas muda," ujarnya.

“Sekarang ditambah lagi Edo dan Putu, jadi wajar jika Persib diibaratkan sebagai Timnas Indonesia mini versi Liga 1,”

Jumlah tersebut, lanjutnya, belum ditambah oleh para penggawa Persib yang juga pernah berseragam Timnas Indonesia, seperti Ezra Walian, Febri Hariyadi, dan Rezaldi Hehanussa.

Maka secara amunisi kekuatan, dengan lebih dari sebelas pemain berlabel Timnas Indonesia, Persib harusnya mampu berbicara banyak di kompetisi Liga 1 musim ini.

"Apalagi Persib juga mempertahankan para pemain yang punya track record bagus di musim lalu, seperti David da Silva, Ciro Alves, Nick Kuipers, Daisuke Sato, dan lainnya."

"Maka selanjutnya tinggal bagaimana coach Luis Milla mampu membangun chemistry, kebersamaan, dan kekompakan dari setiap pemain tersebut, sebagai sebuah kekuatan tim untuk bersaing di papan atas," ucapnya.

Ia pun menilai, hadirnya Tyronne Del Pino dan Alberto Rodriguez Martin, yang akan mengisi posisi playmaker dan bek, akan melengkapi strategi Luis Milla yang menginginkan ganas di lini serang dan tangguh dalam bertahan.

"Hadirnya Tyronne Del Pino sebagai playmaker akan menjadi penghubung antara lini tengah dan memompa ketajaman Ciro Alves dan David da Silva, yang musim lalu cukup produktif."

"Alberto Rodriguez akan membuat Nick Kuipers dan Daisuke Sato, serta para pemain belakang kian tangguh dalam bertahan sehingga tidak banyak kebobolan yang akan terjadi seperti di musim sebelumnya," ujar Tedy.

Politisi PKS ini pun menambahkan, berkaca dari prestasi dalam dua musim berturut-turut, yaitu tahun 2022 dan 2023, yang selalu finis di tiga peringkat terbaik Liga 1, maka tahun 2024 sudah saatnya bagi Persib dapat mewujudkan harapan dan cita-cita para Bobotoh, untuk kembali mendapatkan bintang ketiga di atas lambang Persib di dada.

"Sekarang sudah hampir sembilan tahun, Persib bersama para bobotoh mengalami puasa gelar, sejak terakhir kali mampu meraihnya pada 2014."

"Maka, sembilan tahun merupakan waktu yang sudah cukup bagi tahta juara Liga 1 itu kembali pulang ke Bandung," katanya.

Ahmad Farid Fakhrullah

Sumber :