Kamis, 28 September 2023

Bantu Kurangi Pengangguran di Dapil, Diah Nurwitasari Gencarkan Diklat Wirausaha


Kabupaten Bandung (28/09) — Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi PKS Diah Nurwitasari menggencarkan program pendidikan dan pelatihan wirausaha baru di beberapa tempat di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dari tanggal 5 September hingga 23 September 2023.

Diklat ini dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari beberapa kelas dengan tema pelatihan yang berbeda.

“Diklat Industri Kecil Menengah ini terdiri dari kelompok pangan, kelompok sandang, serta kelompok logam dan teknikal. Yang masing-masing kelompok terbagi dalam beberapa kelas yang temanya disesuaikan dengan kebutuhan dan peluang masyarakat Kabupaten Bandung dan KBB,” papar Diah.

“Tercatat 792 warga masyarakat menjadi peserta diklat ini, selain diberikan dibekali wawasan dan kemampuan untuk berwirausaha mereka pun dibantu mendapatkan NIB yang berguna untuk kegiatan usaha para peserta kedepannya,” imbuh Aleg perempuan lulusan Jerman ini.

Diah Nurwitasari berharap dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat mencetak wirausahawan baru dengan ilmu dan keterampilan yang telah diberikan bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan.

“Selama ini kita sering dihadapkan pada persoalan bagaimana mencari lapangan pekerjaan, namun dengan adanya pelatihan bimtek ini diharapkan peserta memiliki keterampilan untuk menjadi wirausahawan dan bisa membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat akan program ini sangat besar, ada lebih dari 1000 orang mendaftar dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bandung dan KBB. Walau tidak semua bisa menjadi peserta Diklat ini karena ada seleksi yang harus dilalui,” ungkap Diah, perempuan asli Bandung ini.

“Oleh karena itu saya harap peserta dapat serius mengikuti program ini, karena Diklat WUB ini selain mahal secara anggaran, juga mahal dalam sisi kesempatan karena tidak semua masyarakat bisa berkesempatan dilatih untuk menjadi wirausaha lewat program ini. 

Semoga program ini bisa membawa manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat,” tutup Diah dengan sebuah harapan.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan Komisi VII DPR-RI dalam rangka Pembangunan Wirausaha Industri.

Sumber :