Kamis, 07 September 2023

PKS Bandung Bentuk Satgas Khusus Tangani Sampah

Satgas sedang demo pengelolaan sampah

Kondisi tumpukan sampah di TPS mulai menjadi masalah karena TPA Sarimukti mengalami musibah kebakaran. Ketua DPD PKS Kota Bandung Ahmad Rahmat Purnama memberikan instruksi kepada seluruh kader PKS Kota Bandung menggiatkan kembali gerakan KangPisMan (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) yang sudah dipelopori almarhum Mang Oded Walikota Bandung 2018 - 2021.

"Seluruh Kader di Kota Bandung agar menyelesaikan sampahnya dari rumah dengan cara kurangi, pisahkan dan manfaatkan atau KangPisMan. Bukan untuk hanya hari ini tapi menjadi solusi selamanya jangka panjang, jadi pisahkan kurangi selamanya," imbuhnya.

Menurut data DLH Kota Bandung, grafik tonase pembuangan sampah Kota Bandung ke TPA Sarimukti, program KangPisMan berhasil menahan laju pertumbuhan sampah yang di buang ke TPA Sarimukti yakni dikisaran 1239 ton/hari.

Mengingat kedarutannya, PKS Kota Bandung menunjukan keseriusannya dengan membentuk Satgas Peduli Kelola Sampah. Tugas Satgas diantaranya melayani pembuatan lubang biopori secara gratis, melayani penyemprotan cairan bioaktivator secara gratis agar menghilangkan bau sampah dan memberikan sarana edukasi terkait pengelolaan sampah.

"Kami serius menangani sampah, dengan membentuk satgas Peduli Kelola Sampah, tugasnya melayani pembuatan lubang biopori, penyemprotan bioaktivaktor dan kami juga akan memberikan edukasi mengelola sampah," ujarnya.

Ahmad Rahmat Purnama menyebut PKS sebagai pelopor mengurangi sampah dari sumbernya. Ia berkomitmen menggerakkan seluruh kadernya dan mengajak masyarakat se-kota Bandung bergabung dalam gerakan peduli sampah.

"PKS sebagai pelopor mengurangi sampah dari sumbernya, kami akan kerahkan seluruh kader, simpatisan dan relawan, kami juga mengajak masyarakat Kota Bandung," kata Ahmad Rahmat.

Untuk mempermudah informasi dan penjadwalan pelayanan, masyarakat Kota Bandung dapat menghubungi nomer hotline satgas Peduli Kelola Sampah 082115556151. PKS sebagai partai politik kami menghimbau dan mengajak mari kembali jalankan program KangPisMan untuk mengurangi sampah mulai dari rumah dan harus menjadi kebiasaan selamanya.

"Saatnya kita lebih gaspol dan masifkan di semua sektor dan wilayah," harapnya.

Ahmad Farid Fakhrullah

Sumber :