Sabtu, 16 November 2013

DR Taufik Ramlan 'Menteri Luar Negerinya PKS'


Pada hari kamis malam jumat, 14 Nopember 2013, Ketua Badan Hubungan luar Negeri Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera DR Taufik Ramlan Wijaya (TRW) menyambangi pengajian “Zanjabil” Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI). 
DR Taufik diminta oleh panitia pengajian PERMAI yang merupakan organisasi kumpulan masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam untuk memberikan Tausiah Keagamaan. Acara tersebut dilaksanakan di Surau Universitas Islam Sultan Sharif Ali jalan pasar baharu Gadong Bandar Seri Begawan mulai pukul 20.00 s/d 22.00 waktu Brunei. 
Pengajian Tafsir yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun tersebut biasanya diisi oleh Dr Abdurrahman Raden Aji Haqi (Dosen Senior dan Ketua jurusan Syariah Fakultas Syariah dan Undang-undang di Universitas Islam Sultan sharif Ali), namun Narasumber berhalangan hadir karena ada acara seminar di Indonesia, akhirnya panitia meminta DR Taufik yang kebetulan sedang berkunjung ke Brunei untuk menjadi penggantinya. 
Dengan ditemani Ustadz Izzuddin Abdul Manaf Lc, MA (Dosen Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Bogor) akhirnya DR Taufik pun memenuhi permintaan tersebut. 
Peserta sekitar 100 orang, terdiri dari beberapa unsur masyarakat Indonesia yang ada di Brunei, mulai dari Dosen, Mahasiswa, Staf KBRI, Tenaga Profesional juga para tenaga kerja Indonesia lainnya yang bekerja diberbagai sektor dinegeri raja minyak milik Sultan Hasanal Bolkiah.
Dalam ceramahnya DR Taufik yang merupakan Doktor lulusan Sheffield University Inggris dan sebelumnya pernah belajar di Universitay of New South Wales, Sydney, Australia menyampaikan materi seputar hijrahnya Rasulullah SAW, serta menjelaskan bagaimana memaknai hijrah dalam kontek kekinian. 
“Hijrah menurut bahasa artinya pindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau pindah dari satu kondisi ke kondisi yang lain.. Dan kita semua sebagai muslim dimanapun berada seyogyanya harus mampu memaknai hijrah dengan pemahaman yang lebih komprehensif agar bisa terus melakukan perubahan dari yang kurang baik menjadi baik dan dari yang baik bisa menjadi lebih baik lagi.” Tandas pria murah senyum tersebut. 
DR Taufik merupakan menteri luar negerinya PKS yang rutin mengunjungi kader-kader partai no 3 yang tersebar diberbagai Negara diseluruh dunia, dan setiap kali kunjungan selalu memberi pengaruh positif terhadap komunitas masyarakat Indonesia di setiap Negara yang dikunjunginya. 
Sekalipun background pendidikannya dari sekolah umum namun tidak kalah oleh para ustadz yang lulusan pesantren karena memang beliau aktifis tarbiyyah yang sudah lama malang melintang di dunia dakwah di berbagai negara. Jadi tak heran jika namanya sudah banyak dikenal dilingkungan komunitas masyarakat Indonesia di luar negeri. 
DR Taufik pun aktif sebagai pembicara atau narasumber baik dalam ataupun luar negeri, antara lain pernah mengisi Konferensi Internasional tentang “Harmonisasi Peradaban” di Belanda, juga keynote speaker dalam diskusi “Partai Politik dan Arah Politik Luar Negeri Indonesia” dan juga sebagai pembicara pada “Pemimpin Muda Muslim Visioner Untuk Indonesia Lebih Baik” di Kairo.
Oleh: AA Hubur

Sumber :
=================================================================

Dr. Taufik: Islam adalah Takdir Umat Manusia
Beberapa waktu lalu, Dr. Taufik Ramlan Widjaya, pernah diwawancarai media Turki saat kunjungannya ke Negeri Eropa Timur itu dalam rangka peringatan ulang tahun berdirinya AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan), Partai penguasa Turki pimpinan Erdogan. Dr. Taufik datang dalam kapasitasnya sebagai Kepala Biro Hubungan Luar Negeri (BHLN) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai terbesar ke-4 di Indonesia.
Dalam wawancaranya Dr. Taufik menjelaskan bahwa secara alamiah, Islam adalah rahmatan lil alamin dan akan diterima oleh seluruh umat manusia. “Allah menciptakan islam untuk alam semesta.
Cepat atau lambat dunia akan menerima Islam sebagai satu-satunya jalan menempuh hidup (way of life)”. Ia menambahkan “Kita dapat mencegah munculnya Islam dengan berbagai cara, tapi pada akhirnya manusia akan kembali ke Islam.”
Dr. Taufik yakin bahwa apa yang terjadi di dunia saat ini adalah manusia telah menyerah pada sistem dan hukum ciptaannya sendiri karena terlalu banyak hal yang sudah tidak sesuai harapan awal. “Kita dapat lihat apa yang terjadi di Timur Tengah, lewat Arab spring, orang berbondong-bondong menginginkan kembalinya Islam”
Lebih lanjut Dr. Taufik menerangkan, tren kembalinya umat Islam menjadi satu entitas tunggal sudah ada dan akan terus ada. Baik itu dideklarasikan secara resmi maupun tidak, Islam akan kembali bersatu. “Islam adalah takdir, kita akan kembali kepada Islam bersama dengan kembalinya kemakmuran dan keadilan untuk semua”
Di akhir wawancara, Ustadz yang juga dijagokan oleh PKS sebagai Calon Anggota DPR RI untuk wilayah Jaktim, Jakpus dan Luar Negeri ini memberikan ucapan selamat ulang tahun bagi Partai AKP atas eksistensi dan perannya yang luar biasa selama ini bagi kemajuan Turki maupun dunia Islam secara umum. (aa.fathnan)
=================================================================
[Sosok] Taufik Ramlan Wijaya "Peduli Ketenagakerjaan & Amanah dalam Bertugas"
PKS Nongsa - Dr. Ir. Taufik Ramlan Wijaya, M. Eng. Sc (lahir di Jakarta , 9 September 1967; umur 45 tahun) adalah seorang akademisi, aktivis kemanusiaan dan pejuang kepentingan rakyat.
Taufik merupakan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera untuk periode 2013 – 2015. Panggilan kemanusiaan serta kepeduliannya terhadap masyarakat, terutama masyarakat Indonesia di luar negeri, membuatnya ditunjuk untuk menjadi calon anggota legislatif DPR RI untuk daerah pemilihan 2 DKI Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat & Luar Negeri).
Beliau berharap, melalui Dapil ini, dapat berkontribusi lebih untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Indonesia di luar negeri jika terpilih nanti. Dari pernikahannya dengan Yoyoh Rukiah, Taufik memiliki dua orang anak: Muhammad Farhan dan Marwa Taqiyya Ramadhani.
Sebagai politisi, Dr. Taufik Ramlan Wijaya selalu berusaha untuk memahami kebutuhan masyarakat dan memperjuangkannya. Salah satu kepeduliannya adalah membantu memfasilitasi para Buruh Migran Indonesia yang ada di Luar Negeri untuk dapat berkarya dan mendapatkan perhatian yang layak dari Pemerintah Indonesia. Melalui Union Migran Indonesia, lembaga yang dibinanya, Taufik berusaha memperjuangkan yang terbaik untuk para BMI. Sebagai aktivis kemanusiaan, Taufik telah mengabdi bagi rakyat dan bangsa ini selama lebih dari 10 tahun, berikut ini pengalaman organisasi beliau sebagai aktivis kemanusiaan:
1. Anggota Dewan Pembina Muslim Hands Indonesia Foundation Jakarta, Indonesia, 2009 – sekarang
2. Board of Trustee Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta (YPFJ) Jakarta, Indonesia, 2005 – sekarang
3. Board of Trustee Wafaa International for Capacity Building, Jakarta, Indonesia, 2011 – sekarang
4. Ketua Yayasan Pesantren Sabilul Huda, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, 2011 – sekarang
5. Chairman Muslim Hands Indonesia Foundation Jakarta, Indonesia, 2005 – 2008
6. Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Indonesia”, Jakarta, Indonesia. 1998 – sekarang.
=================================================================
Mengenal Caleg PKS untuk Dapil Luar Negeri: Dr. Taufik Ramlan Wijaya, M.Sc.
Dr. H. Taufik Ramlan Wijaya (lahir di Jakarta , 9 September 1967; umur 45 tahun) adalah seorang akademisi, aktivis kemanusiaan dan pejuang kepentingan rakyat.
Beliau telah menamatkan pendidikan S1 di Institut Sains Dan Teknologi Nasional (ISTN). Merampungkan S2 di Universitas of New South Wales, Sydney, Australia. Dan meraih gelar doktor di Universitas of Sheffield, Inggris.
Beliau juga pernah mengisi Konferensi Internasional tentang “Harmonisasi Peradaban” di Belanda, keynote speaker dalam diskusi “Partai Politik dan Arah Politik Luar Negeri Indonesia,” dan sebagai pembicara pada “Pemimpin Muda Muslim Visioner Untuk Indonesia Lebih Baik” di Kairo.
Panggilan kemanusiaan dan kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia di Luar Negeri, membuatnya ditunjuk untuk menjadi calon anggota DPR RI Dapil 2 DKI Jakarta (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat & Luar Negeri). Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP PKS dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.
Doktor yang akan merayakan ulang tahunnya yang 46 ini, menikah dengan Yoyoh Rukiah dan dikaruniai dua orang anak:  Muhammad Farhan dan Marwa Taqiyya Ramadhani.
Untuk mengenal lebih jauh, silahkan follow akun Facebook  dan Twitter beliau.
Dan Insya Allah dalam waktu dekat, beliau akan berkunjung ke Korea untuk bersilaturahim dengan masyarakat Indonesia di Korea.
=================================================================