Minggu, 17 November 2013

Pilkada Garut, Rudi-Helmi Selebrasi Kemenangan Sujud Syukur di Kantor PKS




GARUT - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut nomor urut 8, Rudi Gunawan dan Helmi Budiman, merayakan kemenangan lebih awal setelah hasil hitung cepat. Hitung cepat menempatkan mereka unggul dengan perolehan suara 53,66 persen, dalam putaran kedua Pilkada Garut.
"Kami hormati bahwa dasar hukum (suara) yang sah ada pada Rapat pleno penghitungan suara KPU. Tetapi dengan teknologi, pada hari ini kami sudah mendapatkan angka bahwa kami menang," kata Rudi ditimpali tepuk tangan dan pekik takbir pendukungnya di kantor DPD PKS Garut Jl Pembangunan Garut, Minggu (17/11/2013) sore.
Rudi meyakini bahwa rekapitulasi pengitungan suara KPU nanti hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan versi hitung cepat mereka. "Perhitungan kami sangat cermat, margin of error-nya hanya 1 persen. Maka saya haqul yaqin, 99 persen percaya bahwa hasil rekapitulasi KPU tidak akan jauh dari itu," kata dia.
Menurut Rudi, dia memenangi 3 dari 5 zona pemilihan di kabupaten tersebut. Klaim kemenangan Rudi juga diperkuat dengan data di 85 persen tempat pemungutan suara (TPS). "Kami sudah pegang formulir C-1 dari 85 persen TPS," ujar dia.
Setelah pidato kemenangannya, Rudi Gunawan-Helmi Budiman beserta para petinggi partai pendukung melakukan sujud syukur. Tak hanya itu, selebrasi berlanjut dengan aksi cukur gundul beberapa simpatisan. Tak pelak, keriuhan di kantor PKS Garut itu membuat arus lalu lintas di Jl Pembangunan, tepatnya di seberang kantor Bupati Garut ini tersendat beberapa saat. (KOMPAS)
NB: dr. Helmi Budiman (lahir di Tasikmalaya, 5 Mei 1971; umur 42 tahun) adalah anggota DPRD Garut periode 2009-2014 dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Saat ini ia dicalonkan oleh Partai Gerindra, PKS dan PBB untuk menjadi Calon wakil Bupati periode 2014-2019. Sebelumnya pada tahun 2008, Ia juga diusung menjadi calon wakil Bupati Garut namun gagal. (wikipedia)
Sumber :
================================================================

Kader PKS Unggul di Pilkada Garut

Garut - Kendati hasil penghitungan ril suara pemungutan suara Pilbup Garut 2013 masih berlangsung, pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Garut, Rudi Gunawan-Helmi Budiman, mengklaim memenangkan suara terbanyak dibandingkan 9 paslon lainnya. Hal itu diketahui berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan Tim Quick Count Humas DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Garut, Minggu (8/9).
Akan tetapi target mereka memenangkan Pilbup Garut 2013 dalam satu putaran dengan perolehan suara lebih dari 30% diperkirakan gagal. Paslon yang diusung PBB, Gerindra, dan PKS itu pun bersiap memasuki putaran dua dan siap memenangkannya.
Menurut Ketua Tim Pemenangan Rudi-Helmi, Mamat Rahmat Soleh, berdasarkan hasil hitung cepat dilakukan, hingga sekitar pukul 18.00 WIB, hasil suara sudah masuk sebanyak 75,24% dari jumlah sampel TPS sebanyak 600 TPS yang tersebar di lima Daerah Pemilihan (Dapil). Berdasarkan hitungan tersebut, suara yang diperoleh Rudi-Helmi mencapai 26,57%, di atas 9 paslon lainnya.
Diperkirakan, pasangan nomor urut 8 itu akan bersaing kuat dengan pasangan nomor urut 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur (PPP, PKB) yang memperoleh suara sekitar 22,32%.
"Memang belum seratus persen masuk. Tapi tampaknya kecenderungannya tak akan ada tren perubahan signifikan. Meskipun sebenarnya sejak awal kita bertekad memenangkan satu putaran, tapi realitasnya kecenderungan dua putaran," kata Mamat saat jumpa pers di kantor DPD PKS Garut, Jalan Pembangunan.
Kendati diakui putaran kedua akan sangat berat bagi Rudi-Helmi, timnya sudah menyiapkan mental untuk berpartisipasi dalam putaran dua. Konsolidasi akan terus dilakukan, terutama dengan 3 partai pengusung, PBB, Gerindra, dan PKS.
Hal senada dikatakan Cabup Garut, Rudi Gunawan. Dirinya bersama pasangannya, Helmi Budiman, memperoleh suara signifikan di kawasan perkotaan, terutama Dapil Garut 1, dan beberapa daerah dekat perkotaan. Sedangkan di Dapil 2,3, dan 4, perolehan suaranya menyebar karena partisipasi masyarakatnya relatif kecil.
"Kami tentu akan menjalin hubungan dengan partai lain. Delapan calon tak ikut proses putaran 2, mereka juga punya pendukung suara luar biasa. Ini mengharuskan kami menjalin komunikasi politik," tegas Rudi.
Rudi memperkirakan, partisipasi masyarakat pada putaran pertama Pilbup Garut 2013 terbilang rendah, hanya mencapai sekitar 55% dari total hak pilih lebih dari 1,7 juta jiwa.
Kesiapan memasuki putaran dua juga dinyatakan Cawabup Garut, Helmi Budiman. "Kita di angka 26,57% persen. Berarti kita unggul atau menang pada putaran pertama. Tentunya kami ucapkan terima kasih pada seluruh kader, simpatisan, partai pendukung maupun pengusung, relawan, dan seluruh masyarakat Garut atas partisipasinya dalam Pilkada Garut ini. Kami juga tentu harus menyiapkan diri memasuki putaran dua," ujar Helmi.
Berikut hasil selengkapnya hasil hitung cepat Tim Quick Count Humas DPD PKS Garut atas hasil suara Pilbup Garut 2013.
Pasangan nomor urut 1, Dedi Suryadi-Deddy Supriadi Dores mendapatkan suara sebanyak 4,28%, pasangan nomor 2, Yamin Supriatna-Dadan Ramdani sebanyak 5,09%, pasangan nomor 3, Sirojul Munir-Iwan Suwarsa sebanyak 4,79%, pasangan nomor 4, Memo Hermawan-Ade Ginanjar (PDIP, Golkar) sebanyak 16,11%, pasangan nomor 5, Agus Hamdani-Abdusy Syakur (PPP, PKB) sebanyak 22,32%, pasangan nomor 6, Nadiman-Holil Aksan Umarzen sebanyak 1,92%, pasangan nomor 7, Saeful Anwar-Serli Besi (PAN, Hanura) sebanyak 8,15%, pasangan nomor 8, Rudi Gunawan-Helmi Budiman (PBB, Gerindra, PKS) sebanyak 26,57%, pasangan nomor 9, Ahmad Bajuri-An an Kusmardian (Demokrat) sebanyak 5,77%, dan pasangan nomor 10, Dede Kusdinar-Endang Suryana sebanyak 4,2%.