Senin, 19 Januari 2015

Aher Ajak Warga Jabar Galakkan Hidroponik


Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher mengaja segenap warga Jabar untuk menggalakkan tanaman hidroponik. Tanaman berbasis air dengan menggunakan wadah bahan bekas. 
"Hidroponik yuk, kita menanam sayuran dengan basis air, menggunakan paralon atau wadah-wadah bekas," ujar Aher saat berinteraksi dengan warga Jabar melalui akun Twitter @aheryawan, Senin (19/1/2015).
"Zaman kita belajar di SD dulu, ada juga istilah Warung Hidup, konsepnya kita menanam tanaman sayuran di halaman rumah," lanjut Aher. 
Menurut Aher, Warung Hidup di jaman kini, bisa menggunakan basis air bisa di pekarangan rumah, dinding rumah, dan teras.
"Warung Hidup kini sering disebut urban farming atau sebutan lainnya, intinya kita berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus membeli," jelas pria yang telah memimpin Jabar dua periode ini. 
Aher mengatakan, kalau saja setiap rumah tangga membuat warung hidup baik hidroponik atau berbasis tanah, pasti akan menekan biaya rumah tangga.
Beberapa tanaman hidroponik yang umum adalah sayur-sayuran seperti kangkung, pakchoy, sosin, brokoli, bayam, tomat, rawit, bahkan strawbery. seperti kangkung, pakchoy, sosin, bayam hanya memerlukan waktu 15 - 17 hari.
"Taruit, ada yang sedang atau pernah tanam sayur hidroponik juga? irit air loh, hanya 1/20 dari tanaman biasa," ungkap Aher.(*)
Sumber :